4 Waktu yang Tepat Untuk Menulis di Blog

Table of Contents

Waktu yang Tepat Menulis di Blog


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Bagi sebagian orang atau para blogger, menulis di blog merupakan rutinitas bahkan sudah menjadi hobby mereka.

Sebuah konsistensi dalam menulis di blog mutlak diperlukan agar blog dapat selalu up to date dan menandakan bahwa blog tersebut memang benar-benar dirawat.

Berbicara mengenai Waktu yang Tepat Untuk Menulis di Blog, kamu harus tahu betul kapan waktu blog kamu ramai pengunjung. 

Kalau di dunia pertelevisian, ada yang disebut waktu prime time, di mana Prime time adalah waktu utama banyak orang yang melihat sebuah acara. 

Begitu juga dengan radio ada istilah drive time, artinya sama dengan prime time pada televisi, waktu utama, paling banyak orang mendengarkan program acara siaran radio.

Nah pada kali ini Admin akan mencoba membahas waktu terbaik untuk menulis dilihat dari berbagai faktor yang berbeda, silahkan disimak ya.


Prime Time 

Berbeda dengan Prime Time yang dimiliki televisi, prime time pada blog ditentukan oleh niche blog sendiri, seperti blog yang membahas game, rata-rata situs ramai dikunjungi di waktu malam hari sampai dini hari atau ketika waktu libur, maka kamu bisa menulis di siang hari atau pagi harinya. 

Atau pun blog dengan niche masakan yang memiliki Prime Time pada pagi dan sore (menurut riset).

Tapi menurut pengalaman menulis pada jam 21.00 - 22.00 sangat bagus untuk berbagai niche apa pun, apalagi bila kamu menjadwalkan waktu tersebut untuk menulis artikel/ konten secara rutin.


Waktu Tepat Menulis Blog untuk Menjaga Kesehatan

Apabila dilihat dari segi kesehatan pastinya kamu jangan sampai begadang larut malam untuk menulis konten di blog. 

Karena tentu hal tersebut kurang baik bagi kesehatan, maksimal sampai jam sembilan malam, dan sisanya kamu bisa istirahat.

Untuk menggantinya kamu bisa mulai menulis artikel di pagi hari. 

Kenapa di pagi hari? 

Karena di pagi hari pikiran lebih fresh, sehingga banyak ide yang dapat dituangkan, contohnya sesudah bangun tidur, sekitar jam 03.00 - 04.00 subuh, sobat bisa melaksanakan shalat tahajjud terlebih dahulu kemudian baru menulis artikel, sampai menjelang subuh (apabila muslim).

Pada pagi hari juga mood untuk menulis biasanya tinggi, karena pikiran dan badan masih fresh, jangan lupa untuk menyediakan secangkir air teh atau kopi.


Menulis Artikel di Waktu yang Luang

Salah satu modal untuk menulis atau membuat konten pastinya waktu, tidak sedikit seorang blogger jarang update konten blognya karena alasan waktu yang padat karena kerja atau belajar. 

Apabila kamu dalam posisi ini, kamu dapat menulis artikel/ membuat konten di waktu yang luang, contohnya sepulang kerja atau sebelum tidur.

Tapi apabila kamu pintar mencari peluang, kamu bisa meluangkan waktu ditengah-tengah kesibukan apabila itu memungkinkan. 

Ingat, jadikanlah menulis itu sebagai hobi dan kesenangan, supaya kamu tetap relax ketika menulis dan terus konsisten dalam membuat konten atau artikel.


Menulis di Blog Ketika Mendapat Ide

Waktu yang tepat selanjutnya adalah menulis artikel/ konten pada blog ketika kamu mendapatkan sebuah ide. 

Menulis di blog memang membutuhkan ide yang kreatif, ketika kamu mendapat ide tersebut jangan sampai kamu lupa. 

Caranya kamu dapat langsung menuangkan ide tersebut pada blog kamu, kapan pun dan dimana pun apabila itu memungkinkan.


Selain daripada itu, menurut pengalaman Admin sendiri lebih baik kamu tentukan jadwal tertentu untuk menulis artikel/ konten di blog, yang tentunya dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dan keadaan kamu sendiri. 

Hal ini guna membentuk keteraturan posting (konsistensi), dan juga dapat meningkatkan kualitas SEO blog kamu.

Selanjutnya, waktu mana yang sesuai dengan kondisi kamu? 

Kalau Admin sendiri lebih ke poin ketiga, menulis artikel di waktu yang luang, karena banyak kegiatan Admin di luar menulis blog. 

Yang terpenting dan utama adalah menjadikan blogging itu sebagai hobi dan kesenangan supaya tidak menjadi beban.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai 4 Waktu yang Tepat Untuk Menulis di Blog, semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi kamu para blogger, apabila ada tambahan atau kritik bisa kamu tulis di kolom komentar.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia. 

Post a Comment