Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13)

Table of Contents

Tentang Kurikulum 2013 (K13)


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13) adalah judul dari tulisan ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas informasi mengenai Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13) untuk Anda.

Untuk itu, silahkan Anda simak penjelasan dari Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13) di bawah ini.

Kurikulum sebagaimana dimuat di dalam Undang-undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Republik Indonesia, 2003), diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara 'Yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 

Merujuk uraian ini, terlihat ada 2 (dua) dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran.

K-2013 dikembangkan dari K-2006, dilandasi dengan pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, kompetensi masa depan, dan fenomena negatif yang mengemuka (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013a). 

Selain itu, ada beberapa faktor yang mendasari pengembangan K-2013 yaitu (Lampiran Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP): tantangan internal, tantangan eksternal, penyempurnaan pola pikir, dan penguatan tata kelola kurikulum. (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013b).

Tujuan Kurikulum 2013 (K13)

Kurikulum 2013 (K13) bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontríbusí pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan beradaban dunia (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013a). 

Kurikulum 2013 (K13) menganut: 

  • Pembelajaran yang dilakukan guru dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat, serta 
  • Pengalaman belajar langsung peserta didik sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik.

Struktur Kurikulum 2013 (K13)

Tulisan ini hanya berfokus pada struktur kurikulum untuk jenjang SMP saja.

Struktur K-2013 untuk jenjang SMP terdiri atas muatan:

  • Pendidikan Agama, 
  • Pendidikan Kewarganegaraan,
  • Bahasa, 
  • Matematika, 
  • Ilmu Pengetahuan Alam, 
  • Ilmu Pengetahuan dan Budaya, 
  • Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 
  • Keterampilan dan Muatan Lokal (PP Nomor 32. Tahun tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah 19, Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 77J). (Republik Indonesia, 2013). 

Kurikulum 2013 (K13) dimaksudkan untuk menyiapkan dan mengantarkan peserta didik untuk mencapai kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21, yang mencakup:

  • Kemampuan belajar dan berinovasi ditunjukkan dengan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah. kreativitas dan inovasi, komunikasi serta kolaborasi,
  • Literasi digital yang ditunjukkan dengan literasi informasi, literasi media dan literasi teknologi, 
  • Kecakapan yang ditunjukkan oleh fleksibilitas dan adaptabilitas, inisiatif dan mandiri, interaksi lintas sosial budaya, produktivitas dan akuntabilitas, kepemimpinan dan tanggung jawab, serta 
  • Karakter moral yang ditunjukkan oleh cinta tanah air, nilai-nilai budi pekerti luhur, jujur, adil, empati, penyayang, rasa hormat, kesederhanaan, pengampun dan rendah hati (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016). 

Capaian Kompetensi

Pencapaian kompetensi keterampilan abad ke-21 tersebut di dalam Kurikulum 2013 (K13) diwujudkan dalam bentuk mata pelajaran jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan jenjang pendidikan dasar, salah satunya adalah SMP.

Jenjang SMP memiliki 2 (dua) kelompok mata pelajaran, yaitu mata pelajaran Kelompok A dan mata pelajaran Kelompok B. 

Mata pelajaran kelompok A terdiri atas: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. 

Sedangkan mata pelajaran Kelompok B terdiri atas: Seni-Budaya, Pendidikan Olahraga Jasmani dan Kesehatan, serta Prakarya. 

Dalam praktik pembelajaran di sekolah, sejumlah mata pelajaran di SMP dapat di-organisasi-kan dalam satu kegiatan pembelajaran secara terintegrasi sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan program pendidikan.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Standar Kompetensi Lulusan dalam Permendikbud Nomor 20, Tahun 2016 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016a) sebagai salah satu komponen dari Kurikulum 2013 (K13), menggunakan rujukan Bloom yang dikembangkan lebih lanjut oleh Anderson and Krathwol pada tahun 2001. 

Capaian pembelajaran sesuai taksonomi Bloom, ada 3 (tiga), yaitu sebagai berikut:

  • Dimensi pengetahuan yang terkait dengan penguasaan pengetahuan, 
  • Dimensi sikap yang terkait dengan penguasaan sikap dan perilaku, serta 
  • Dimensi keterampilan yang terkait dengan penguasaan keterampailan. 

Dimensi pengetahuan diklasifikasikan menjadi faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas mengenai Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13), dapat disampaikan bahwa Kurikulum 2013 (K13) merupakan seperangkat rencana dengan aktivitas pembelajaran sedemikian rupa sehingga menghasilkan peserta didik yang siap menghadapi kehidupan abad ke-21 yang penuh tantangan. 

Kurikulum 2013 (K13) dimaksudkan untuk menyiapkan dan mengantarkan peserta didik untuk mencapai kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan di abad-21. 

Pengembangan Kurikulum 2013 (K13) yang dikembangkan telah memperhatikan tantangan internal, tantangan eksternal, penyempurnaan pola pikir, dan penguatan tata kelola kurikulum. 

Pembelajaran Kurikulum 2013 (K13) berlangsung dalam bentuk aktivitas pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat dengan menggunakan pendekatan pengalaman belajar langsung sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Demikianlah informasi di atas tentang Mengenal Secara Singkat Tentang Kurikulum 2013 (K13) yang telah Admin bagikan kepada Anda pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment