Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Daftar Domain Gratis

 

Daftar-Domain-Gratis

Mendapatkan penyedia domain gratis tentu merupakan hal yang sangat diinginkan. Terlebih, jika Kamu ingin menciptakan situs website atau blog dengan budget terbatas. 

Saat ini semakin banyak bermunculan registrar domain yang menawarkan harga menggiurkan. Bahkan, sudah ada beberapa ekstensi domain gratis yang bisa digunakan oleh blogger maupun web developer untuk meng-akomodir kebutuhan membuat website atau blog agar tampak semakin professional.

Nama domain adalah salah satu elemen penting untuk menunjang aktivitas blogging. Selain mampu mempermudah pengunjung mengakses konten pada website atau blog, ada banyak sekali keuntungan dari menggunakan Top Level Domain (TLD).

Sebenarnya, ada banyak sekali domain yang tersebar di internet, baik yang gratis maupun yang sifatnya berbayar.

Banyak orang mungkin tergiur untuk menggunakan domain gratis. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya, ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan ketika Kamu memakai domain gratis. 

Salah satu kekurangan itu adalah nama domainnya tidak terlalu populer.

Berbeda halnya apabila menggunakan .com yang sangat populer dan memang harus membayar untuk mendapatkannya. 

Meski begitu, kamu tetap bisa, kok, memanfaatkan domain gratis, terutama para pemula yang hendak membangun  website pribadi.

Kekurangan Domain Gratis

1. Terlihat Kurang Profesional

Kekurangan domain gratis yang paling besar adalah kurangnya value atau nilai jual dari ekstensi domain yang digunakan. 

Orang akan cenderung menyepelekan atau menyangsikan kredibilitas website atau blog Anda jika domain gratisan digunakan untuk website atau blog bisnis.

2. Tidak Bebas Menentukan Ekstensi Pilihan

Karena Kamu tidak membayar, maka ekstensi domain gratis yang akan Kamu dapatkan tergantung dari penyedia layanan. 

Adapun pilihannya tentu tidak sebanyak jika kita menggunakan domain dengan cara membeli.

3. Rawan Terkena Banned

Sebagai pengguna barang atau sesuatu yang gratisan, tentu sudah semestinya Kamu mematuhi segala aturan yang diberikan oleh penyedia layanan. 

Termasuk adanya potensi banned atau domain terhapus tanpa adanya pemberitahuan.

4. Tidak Ada Support

Berbeda dengan ketika Kamu membeli nama domain, menggunakan domain gratis biasanya tidak akan mendapatkan layanan support yang baik, atau bahkan malah tidak ada support sama sekali. 

Hal ini tentu sangat merepotkan bagi para blogger pemula yang mengalami kendala dalam proses pemasangan, setting, atau hal-hal teknis lainnya.

5. Kemampuan Index Lemah

Umumnya, pengguna membuat blog dengan tujuan untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Untuk mencapai hal itu, maka salah satu syaratnya yakni dengan meningkatkan traffic sebanyak-banyaknya. 

Nah, sayangnya untuk beberapa ekstensi domain gratisan kurang memiliki power ketika diajak untuk bertarung / fight di SERP.

Keuntungan Domain Gratis

1. Tidak Ada Biaya Tahunan

Hal ini sudah sangat jelas sekali, karena sifatnya gratis maka tidak ada biaya atau ongkos yang harus dibayar setiap tahun. 

Hal ini tentu sangat membantu para blogger pemula yang masih ingin belajar mengotak-atik website atau blog untuk kepentingan belajar.

2. Mudah Didapatkan

Untuk mendapatkan ekstensi domain secara gratis caranya sangat mudah dan gampang sekali. Biasanya Kamu tinggal melakukan registrasi akun, kemudian langsung bisa cek ketersediaan nama domain yang ingin digunakan.

3. URL Lebih Singkat

Ada banyak pro dan kontra menarik terkait domain gratisan. Terutama dikalangan blogger atau internet marketer

Menggunakan domain gratisan sendiri relatif memudahkan jika ingin membuat website atau blog brand yang mudah diingat konsumen.

Ekstensi domain seperti .TK atau .GA, tentu jauh lebih singkat dibandingkan subdomain blabla.subdomain.com.

Daftar Domain Gratis

Setelah Kamu mengetahui keuntungan dan kekurangan menggunakan domain gratis, sekarang saatnya bagi Kamu untuk mengetahui macam-macam ekstensi domain yang bisa didapatkan tanpa perlu membayar biaya berlangganan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar domain gratis yang bisa Kamu dapatkan dengan mudah:

1. Domain .TK

Sekedar informasi, ekstensi domain .TK merupakan jenis ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang berasal dari negara Tokelau. 

Nama domain dari daerah yang berada di benua Oceania tersebut bisa Kamu dapatkan secara gratis sebagai bahan untuk belajar membuat website atau blog.

2. Domain .GA

Ekstensi domain .GA tercatat sempat populer di medio tahun 2011-2013 dimana masih banyak blogger pemula yang tertarik untuk terjun ke dunia maya. 

Karena gratis, dulu banyak yang membuat blog dan website untuk belajar, bahkan ada juga yang berhasil mendaftar dan diterima Google AdSense menggunakan domain yang satu ini. Kamu tertarik mencobanya?

3. Domain .ML

Kamu pernah mengunjungi website atau blog dengan ekstensi domain .ML? Ekstensi domain ini sejatinya merupakan nama untuk negara Mali, salah satu tempat di kawasan Afrika Barat. 

Sama seperti ekstensi gratis lainnya, domain ini memiliki masalah pada tingkat kredibilitas serta kemampuan meng-handle traffic yang terbatas.

Meskipun begitu, domain .ML masih layak untuk Kamu jadikan sebagai bahan percobaan untuk membuat website atau blog.

4. Domain .CF

Hampir sama seperti .GA, Ekstensi domain .CF juga terbilang lumayan populer dikalangan blogger. 

Nama domain yang ditujukan untuk warga negara Central Africa (Afrika Tengah) tersebut sempat menghiasi beberapa forum, grup diskusi, hingga platform social bookmarking pada jamannya.

5. Domain .GQ

Selanjutnya adalah domain gratis yang berekstensi .GQ. Apa itu domain .GQ? 

Domain ini merupakan country code untuk negara Guinea Ekuator dan masih memiliki karakteristik hampir sama seperti beberapa ekstensi domain sebelumnya, yakni memiliki kemampuan rendah untuk meng-handle traffic, tingkat kepercayaan rendah, serta indeks di mesin pencari yang sulit dioptimasi.

Cara Membuat Domain Gratis

Kamu juga bisa mencoba Freenom untuk mendapatkan domain gratis. Lewat aplikasi ini, Kamu bisa mendapatkan berbagai macam ekstensi domain seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq.

Menurut Build This, Freenom menggunakan .tk yang merupakan nama domain untuk pulau kecil bernama Tokelau, sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa. Apabila kamu ingin mendapatkan domain gratis yang cukup terkenal, kamu bisa memakai Freenom sebab domain .tk merupakan ekstensi domain terbesar kelima di dunia.

Cara untuk mendapatkan domain dari Freenom pun cukup mudah. Kunjungi situs Freenom dan nanti Kamu hanya perlu ikuti panduan yang tersedia pada halaman web mereka.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website freenom.com
  2. Lakukan cek domain yang ingin digunakan melalui kolom Whois domain, kemudian tekan tombol Check Availability.
  3. Pilih Ekstensi domain yang ingin digunakan, Kamu bisa memilih domain .TK, .GA, .ML, .GQ atau .CF tentukan sesuai selera dan ketersediaan.
  4. Klik pada salah satu ekstensi, kemudian klik Checkout.
  5. Selanjutnya Kamu bisa memilih proses registrasi dengan memasukkan alamat Email atau login menggunakan akun media sosial.
  6. Ikuti langkah registrasi dengan mengisi Nama, Email, Nomor Telepon, dan alamat.
  7. Selesai.

Bagaimana...cukup mudah bukan?

Itulah beberapa daftar domain gratis terbaik yang bisa Kamu coba sebagai pemula di dunia website atau blog.

Sekali lagi, penting untuk Kamu ingat bahwa domain gratis datang dengan sejumlah kekurangan yang bisa merugikan situs web.

Tidak disarankan penggunaan domain gratis untuk keperluan bisnis, seperti strategi marketing di internet.

Bagaimana? Apakah kini Kamu sudah siap untuk membuat dan membangun website atau blog pribadimu?

Selamat mencoba!

Post a Comment for "Daftar Domain Gratis"