Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Blog dan Menghasilkan Uang

Membuat-Blog-dan-Menghasilkan-Uang

Sebagian besar orang masih beranggapan kalau pekerja kantoran mendatangkan pundi-pundi uang yang banyak, namun nyatanya tidak selalu demikian. Apalagi bagi seorang Operator Sekolah, yang hampir setiap hari dan waktu berada di kantor (sekolah). Saat ini, kamu dapat menghasilkan uang disela-sela berkutat dengan data bahkan tanpa harus bekerja di kantor atau sekolah sekalipun.

Kamu pun bisa bekerja dari rumah, tentu dengan bekerja di rumah jam kerjanya lebih fleksibel. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang bensin untuk berangkat ke kantor. Hemat bukan?

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan skill yang kamu punya.  Kamu bisa memanfaatkan skill dengan menulis di situs milik pribadi yaitu dengan blog.

Salah satu skill yang bisa Kamu manfaatkan ialah MENULIS.

Jika blog yang kamu buat menarik dan cukup terkenal, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut loh. Terlihat menarik bukan, lalu bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Tenang saja, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Cara Membuat Blog

Kamu pasti sering mendengar kata ‘blog’, kan? Entah ketika sedang berselancar di internet ataupun pada saat bercakap dengan teman. Bisa dibilang blog sudah memiliki peranan yang cukup besar dalam gaya hidup dan tren masyarakat zaman sekarang. Blog mewadahi berbagai profesi, mulai dari mereka yang sekadar menulis hingga mereka yang menjadikan blog sebagai mata pencarian utama. Fakta yang positif ini tentu mendorong keingintahuan Kamu: bagaimana, sih, cara membuat blog?

Pada artikel sebelumnya Semua Tentang Blog dan Masih Tentang Blog telah dibahas panjang lebar tentang blog, silahkan dibaca saja. Pada artikel ini akan dibahas cara membuat blog dengan platform Blogspot.com. Saat ini sudah banyak situs untuk mendaftar blog. Menariknya membuat blog  tidak dipungut biaya alias gratis.

Beberapa situs penyedia blog gratis seperti Blogspot, Medium, Tumblr, WordPress dan yang terbaru Wix.com. Namun dari beberapa situ di atas, situs Blogspot lah yang paling sering digunakan para blogger.

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang bisa menggunakan Blogspot. Selain gratis, Blogspot memiliki fitur menarik asli Google seperti Adwords, Adsenses, serta Analytics. Berikut ini cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang mudah untuk di praktikan.

  • Buka halaman browser kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

Membuat-Blog-dan-Menghasilkan-Uang
  • Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.
  • Buat akun dengan email. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspotmu.
  • Setelah masuk pada akun blogger.com kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog kamu.
  • Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard.  Pada laman dashboard ini kamu bisa menuliskan judul serta alamat blog. Selanjutnya klik create blog.
  • Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

Membuat-Blog-dan-Menghasilkan-Uang
  • Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat. Blog kamu pun sudah berhasil dibuat.

Untuk diperhatikan, sebelum dan sesudah Kamu membuat blog, ada beberapa tips dalam membuat blog agar ke depannya Kamu bisa sukses. Diantaranya adalah:

  • Tentukan NichePeran niche sangat krusial dalam pembuatan blog. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru dalam menentukannya. Disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu. Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Kamu lebih enjoy dalam melakukannya dan hasilnya juga akan lebih baik. Audiens akan merasa puas setiap kali membaca postingan Kamu.

Niche adalah topik atau area yang jadi fokus utama dari blog Kamu. Misalnya, Kamu berprofesi sebagai Operator Sekolah. Maka, niche blog akan cenderung bercerita soal dunia pendataan. Karena topik dunia pendataan sangat luas, carilah yang spesifik. Kamu bisa mengulas Aplikasi Pendataan (Dapodik) atau seputar tips dan trik nya saja.

  • Pilih Web HostingPlatform blogging adalah software atau layanan untuk mempublikasikan blog beserta kontennya. Ada dua tipe platform, yakni platform gratis dan platform self-hosted. Pemula yang ingin tahu cara membuat blog gratis dan mudah bisa memilih platform gratis. Akan tetapi, selayaknya layanan gratis, platform ini memiliki batasan dan aturan yang harus dipatuhi. Selain penggunaan subdomain platform di belakang URL blog (blogkamu.blogspot.com), Kamu juga tidak bisa menghapus atau menonaktifkan iklan yang terpasang di blog. Mau tak mau Kamu harus menerima keberadaan iklan ini meskipun tidak sesuai dengan konsep blog atau bahkan tidak dapat diuangkan. Jika ingin mendapatkan kebebasan lebih dalam mengontrol iklan dan juga URL, disarankan untuk buat blog di platform self-hosted.
  • Mendaftarkan Nama DomainAlamat URL unik yang dimiliki setiap website disebut nama domain. Karena nama domain menentukan keberhasilan blog Kamu, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.
  • Mempublikasikan Konten dan Membangun BlogBuatlah konten yang informatif dan berguna bagi target audiens Kamu. Jangan sekali-sekali mempublikasikan konten yang tidak dikuasai atau Kamu sendiri tidak punya waktu untuk menguliknya atau mempelajarinya lebih jauh.Sebagai blogger, tentu Kamu berharap pembaca terus berkunjung di blog Kamu. Selain memastikan kualitas konten, Kamu juga harus kreatif. Agar menarik, tambahkan foto, grafis, atau media visual lainnya yang sesuai gaya penulisan Kamu ke konten atau postingan. Aktifkan kolom komentar di setiap postingan agar pembaca bisa berkomunikasi secara virtual dengan Kamu. Mintalah pendapat atau saran dan kritik mengenai postingan atau apa yang ingin mereka baca nantinya di blog Kamu.

Saat membuat konten, jangan langsung berekspektasi bahwa blog akan ramai. Satu postingan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk muncul di halaman awal mesin pencari seperti Google. Namun, hal ini jangan sampai menyurutkan semangat Kamu. Teruslah membuat postingan yang berkualitas. Sedikit demi sedikit, bangunlah blog yang menawarkan solusi bagi pembacanya.

  • Mempromosikan BlogKarena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Kamu jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Kamu dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya. Cara mempromosikan blog dapat Kamu baca artikelnya disini

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Langkah pertama agar blog Kamu menghasilkan uang adalah, Kamu harus konsisten untuk mengunggah konten pada blog pribadimu. Buat tulisan/konten kamu semenarik mungkin agar blog pribadimu memiliki traffic atau pengunjung yang banyak.

Selain menjadi wadah untuk menyalurkan opini dan membagikan informasi, blog juga bisa jadi sumber pendapatan utama atau sampingan. Kira-kira, bagaimana, ya, cara bikin blog yang menghasilkan uang? Berikut penjelasannya:

1. Menjadi Publisher Iklan

Publisher iklan adalah seseorang yang memasang iklan di laman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang biasanya dipakai blogger adalah Google Adsense. 

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik website, mereka dapat memasang iklan dari Google pada website mereka. Setiap klik yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan.

Pilihlah iklan yang spesifik dan relevan dengan target audiens atau sesuai dengan topik yang ditulis.

2.  Mengulas Produk Tertentu

Cara yang satu ini istilah kerennya adalah endorse. Pemilik merek tertentu bakal mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang bisa blogger nikmati secara gratis. Bahkan, tak sedikit blogger yang dibayar untuk mengulasnya di blog.

Pemilik merek sendiri lebih suka pilih blogger karena ulasan para blogger yang lebih natural. Ulasan di blog terlihat lebih soft-selling ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi Brand Ambassador

Selanjutnya, pihak brand sekarang tak hanya menyasar selebriti di televisi sebagai brand ambassador. Justru blogger jadi pilihan menarik bagi pihak brand. Citra blogger yang masih “orang biasa” membuat pembaca lebih terpengaruh untuk memakai merek yang dipakai oleh blogger tersebut. Biasanya para pembaca pun tak jarang mencari ulasan para blogger mengenai merek tertentu.

4. Program Affiliasi

Melalui program ini, Kamu akan bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nantinya Kamu akan memperoleh komisi. Untuk bergabung di program ini, blog Kamu sudah harus punya trafik yang tinggi dan kredibel. Sebagai affiliate, Anda akan diberikan link afiliasi untuk dipasang atau disertakan di blog.

5. Postingan Bersponsor

Jika blog sudah ramai, peluang untuk pihak lain memasang iklan di blog Kamu semakin terbuka lebar. Tujuan ditempatkannya iklan di blog yang trafiknya tinggi adalah untuk meningkatkan exposure. Pembayaran akan didasarkan pada seberapa banyak postingan tersebut diklik, jumlah kunjungan, atau transaksi.

6. Mengubah Blog Menjadi Portofolio Online

Kalau Kamu punya kemampuan menulis yang baik, ubahlah blog menjadi situs yang menyediakan jasa penulisan. Kamu juga bisa mengadakan workshop online tentang kepenulisan atau menawarkan diri sebagai penulis lepas.

Demikian penjelasan tentang cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang bisa Kamu praktikkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel Membuat Blog dan Menghasilkan Uang ini kepada temanmu ya. Semoga bermanfaat! 

Terima Kasih.

Salam Literasi!

#dari berbagai sumber

1 comment for "Membuat Blog dan Menghasilkan Uang"