Widget HTML #1

Panduan Pelaksanaan OSN Jenjang SMA/ MA

Juknis OSN SMA/MA

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa.

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Olimpiade Sains Nasional (OSN) diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

OSN Jenjang SMA/ MA dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. 

OSN Jenjang SMA/ MA juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Latar Belakang OSN Jenjang SMA/ MA

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Olimpiade ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, olimpiade sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik.

Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara olimpiade sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Panduan Pelaksanaan OSN Jenjang SMA/ MA Tahun 2021

KSN-P tahun 2021 mengusung tema "Sains Pulihkan Negeri", dengan tagar #BerprestasidariRumah.

Pelaksanaan KSN-P 2021 ini tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 di Indonesia.

Kemendikbudristek juga telah menetapkan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 masa pandemi corona virus 2019 dan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ), maka penyelenggaraan KSN-P dilakukan secara daring.

Untuk menjamin kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan KSN-P sesuai yang telah diharapkan, perlu disusun Panduan Pelaksanaan KSN-P yang dapat dijadikan pegangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain: Puspresnas, Dinas Pendidikan, Tim Juri, Pengawas, Peserta, Satuan Pendidikan dan berbagai pihak lain yang terkait.

Panduan OSN 2021

Panduan Pelaksanaan OSN Jenjang SMA/ MA Tahun 2022

Untuk OSN Tahun 2022 masih mengusung tema dan tagar yang sama pada OSN Tahun 2021, dengan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi.

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta olimpiade pada jenjang SMA/MA dan SMP/MTs yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Puspresnas) dan OSN-P (ditetapkan oleh Puspresnas).

Jadwal Pelaksanaan OSN Jenjang SMA/ MA

Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara berjenjang dengan urutan waktu sebagai berikut:

Juknis OSN SMA/MA
Jadwal OSN SMA/ MA

Keberhasilan penyelenggaraan seleksi Olimpiade Sains Nasional tahun 2022 ditentukan oleh semua unsur yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan seleksi secara tertib, teratur, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Dengan memahami pedoman ini diharapkan panitia dan semua pihak yang terkait dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga mencapai hasil yang optimal.

Pedoman OSN 2022

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Panduan Pelaksanaan OSN Jenjang SMA/ MA"