Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tentang Survei Karakter Siswa pada Asesmen Nasional (AN/ ANBK)

Tentang Survei Karakter


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Survei Karakter ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran. Enam karakter yang diukur pada peserta didik di Indonesia didasarkan pada profil pelajar Pancasila.

Tentang Karakter

Karakter sering dianggap sebagai karakteristik unik yang melekat pada masing-masing individu. 

Selain itu, karakter juga dianggap sebagai sesuatu yang mengarahkan munculnya perilaku tertentu. 

Hal ini dikarenakan karakter tidak dapat dilepaskan dari sikap dan nilai yang dimiliki oleh individu. 

Sering kali karakter dikaitkan dengan karakteristik psikologis yang mengarahkan individu berperilaku secara moral dalam kehidupan sehari-hari) (Fleeson et al., 2014). 

Tidak mengherankan apabila perwujudan karakter yang baik dihubungkan dengan perilaku yang ditampilkan saat berinteraksi dengan orang lain atau masyarakat seperti kebaikan, kedermawanan, dan toleransi (Baehr, 2017).

Tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak karakter yang mungkin melekat pada individu dan karakter memiliki variasi yang cukup beragam. 

Dalam kajian mengenai keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21, Griffin dan Care (2014) menegaskan pentingnya penguasaan keterampilan baru dan keterampilan tradisional demi mempersiapkan individu yang dapat berperan efektif sebagai siswa, pekerja, dan warga negara. 

Secara umum, kerangka kerja yang diusulkan meliputi cara berpikir, cara bekerja, alat bekerja, dan hidup di dunia.

Tentang Survei Karakter pada Siswa

Walaupun selalu mempertimbangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing secara global di abad ke-21 serta berbagai pengukuran yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, namun pengembangan survei karakter siswa ini tetap selaras pada karakter yang tercantum dalam Profil Pelajar Pancasila, yang dikembangkan berdasarkan jati diri bangsa Indonesia. 

Profil Pelajar Pancasila memiliki semangat untuk menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia. 

Profil Pelajar Pancasila dapat didefinisikan sebagai karakter dan kemampuan yang merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang sehari-hari dibangun dan dihidupkan dalam diri setiap individu siswa di Indonesia. 

Pada Profil Pelajar Pancasila terdapat 6 (enam) karakter utama yaitu sebagai berikut:

Survei karakter siswa ini akan menghasilkan profil perkembangan karakter secara umum, profil pencapaian setiap karakter, dan profil pencapaian indikator karakter. 

Adapun profil perkembangan karakter secara umum dapat dilihat pada gambar di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Tentang Survei Karakter
Gambar 1

Selanjutnya, dalam perumusan model konseptual, dilakukan penyelarasan antara rumusan dalam Profil Pelajar Pancasila dengan berbagai hasil pengukuran yang pernah dilakukan sebelumnya. 

Langkah ini diambil demi memastikan hasil pengukuran dapat dibandingkan dengan upaya serupa yang pernah dilakukan di tingkat internasional. 

Dalam penelusuran, digunakan sejumlah kata kunci yang di-inspirasi oleh keenam karakter dalam Profil Pelajar Pancasila. 

Untuk lebih jelas dalam memahami Tentang Survei Karakter Siswa pada Asesmen Nasional (AN/ ANBK) dapat dilihat pada penjelasan video di bawah ini:



Demikianlah penjelasan Tentang Survei Karakter Siswa pada Asesmen Nasional (AN/ ANBK), semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Tentang Survei Karakter Siswa pada Asesmen Nasional (AN/ ANBK)"