Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Langkah-Langkah dan Syarat Dalam Penerbitan NISN Baru di Verval PD

Penerbitan NISN Baru di Verval PD


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Pengajuan untuk penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidaklah sulit. 

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Cukup laporkan kepada sekolah melalui Operator Sekolah dan sekolah akan memberikan formulir data diri untuk diisi. 

Selanjutnya data tersebut di-entri oleh sekolah melalui Operator Sekolah ke dalam aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik). 

Setelah data dimasukkan, melalui aplikasi Verval PD, Operator Sekolah melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. 

Penomoran dan pengelolaan NISN dilakukan dari aplikasi Verval PD.


Langkah-Langkah Penerbitan NISN Baru

Berikut adalah 2 (dua) langkah yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah dalam upaya penerbitan NISN Baru bagi peserta didik:

  • Rekam data peserta didik baru melalui Dapodik, sinkronisasi, dan tunggu data terintegrasi masuk ke aplikasi Verval PD.
  • Periksa fitur Data: Peserta Didik di aplikasi Verval PD, untuk memeriksa NISN dan data peserta didik tampil dengan lengkap.


Syarat Penerbitan NISN Baru

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk penerbitan NISN Baru bagi peserta didik, yaitu sebagai berikut:

  • NIK peserta didik di Dapodik dan Verval PDtercatat valid di Data Induk Kependudukan (Dukcapil Pusat);
  • Data identitas peserta didik terisi lengkap dan wajar sesuai tingkat pendidikan di satuan pendidikan;
  • NISN baru hanya diterbitkan bagi peserta didik PAUD dan Tingkat 1, peserta didik baru yang ketika pertama kali tercatat di Dapodik.


Selanjutnya, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan NISN adalah peserta didik tercatat dalam sekolah atau lembaga penyelenggara pendidikan yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan terdaftar dalam Referensi Kemendikbud. 

Peserta Didik juga harus mengisi lengkap formulir yang disediakan sesuai dengan kondisi sebenarnya dan lengkap. 

Perlu diperhatikan pula bahwa Operator Sekolah yang bertugas memasukkan data dalam aplikasi adalah operator yang sudah terdaftar di Jaringan Pengelolaan Data Pendidikan.


Lulusan Sekolah Luar Negeri Juga Dapat Ajukan NISN

Siswa lulusan sekolah luar negeri juga dapat mengajukan NISN jika diperlukan untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia atau mengikuti ujian nasional dan kebutuhan lainnya. 

Syaratnya, peserta didik harus memiliki surat keterangan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. 

Surat penyetaraan tersebut dikeluarkan dari Ditjen Dikdasmen melalui Sekretariat, yaitu Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama.

Selanjutnya, siswa/ orang tua siswa atau dinas pendidikan setempat mengirim surat elektronik ke PDSPK dengan judul subjek Pengajuan NISN untuk siswa Lulusan Sekolah Luar Negeri dengan melampirkan ijazah terakhir, formulir data diri siswa (formulir A1) yang telah ditandatangani orang tua/ wali/ kepala sekolah/ dinas pendidikan kabupaten/ kota dan stempel instansi (jika diwakili oleh lembaga). 

Surat elektronik ditujukan melalui alamat pdsp@kemdikbud.go.id


Tujuan dan Manfaat NISN

Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai Langkah-Langkah dan Syarat Dalam Penerbitan NISN Baru di Verval PD, semoga dapat bermanfaat

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Langkah-Langkah dan Syarat Dalam Penerbitan NISN Baru di Verval PD"